Alasan Nyamuk Terbang Disekitar Telinga

Apa kita pernah bertanya kenapa sih, nyamuk suka sekali terbang di dekat telinga? Kan bikin kesel gitu. Sebal dengarnya!
Seperti digitarin, dibisikkin, dinyanyiin di telinga kita:) Mungkin alasan-alasan ini pernah menjadi tebak-tebakan kalian.

Jadi, inilah alasan-alasan mengapa nyamuk terbang di sekitar telinga kalian semua.

Dilansir dari liputan6

Salah satu penyebab nyamuk suka terbang di dekat telinga adalah, karena hawa panas.

Nyamuk adalah salah satu serangga yang mampu mendeteksi hawa panas. Jangan heran jika kamu sehabis beraktifitas kemudian nyamuk datang ke sekitar kamu, karena saat itu kamu sedang mengeluarkan hawa panas. Sedangkan suhu di telinga memiliki suhu yang mirip dengan suhu tubuh inti. Itu artinya, suhu di sekitar telinga adalah area yang paling konstan dan lebih tinggi dibanding bagian tubuh lainnya.

Kemudian kelembapan, nyamuk memiliki sifat alami menyukai aroma tubuh manusia. Mereka juga tertarik dengan keringat yang keluar dari kelenjar keringat di sekitar kepala. Dengan demikian, ada kemungkinan nyamuk terbang untuk mendekati area kepala, bukan telinga.

Hal itu disebabkan adanya kelenjar keringat yang tertahan oleh rambut. Maka tak perlu heran jika Anda yang seharian menghabiskan waktu di luar rumah tanpa membilas rambut terlebih dulu sering kali dikerumuni nyamuk di bagian kepala.

Alasan terakhir adalah nyamuk tertarik dengan karbondioksida. Ahli serangga dari Amerika Serikat Rick Pollack mengatakan bahwa nyamuk suka beterbangan di sekitar kepala karena tertarik pada gas karbondioksida yang dihembuskan manusia, terutama nyamuk betina. Dan, apabila nyamuk jantan yang ikut terbang di sekitar kepala, itu artinya nyamuk tersebut sedang menandai tempat untuk kawin.

Itulah alasan mengapa nyamuk suka terbang di sekitar telinga. Karena artikel ini bermanfaat kamu bisa share atau bagikan artikel dengan klik icon dibawah ini.

Posting Komentar

0 Komentar