DKV atau Desain Komunikasi Visual: Pembahasan



Kali ini saya akan membahas DKV, jadi sebenernya apa sih DKV itu?

Desain Komunikasi Visual kita singkat aja DKV, yaitu sebuah jurusan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku).

Atau saya perjelas, misalkan kita nih.. membuat suatu karya seni, nahh dimana karya seni yang kita buat itu bisa dapat terima baik oleh penerima pesan,


Sebagai contoh juga, karya seni apa aja yang ada di DKV? pastinya banyak bangetttt,

Mungkin kalian suka nonton film Marvel Avengers, atau film-film lainnya?

Animasi 3D seperti film animasi Frozen atau animasi lainnya?

kalian mengenal Logo Apple yang ada gigitan gitu, tau kan? lantas apa produknya?

Hmmm atau juga, mungkin Vector atau suatu karya illustrasi yang lainnya, dan juga Anime-anime gitu, tau kan?

Dan masih banyak lagi yang lainnya yang belum saya sebutin.


Yappp, yang saya sebutin diatas tadi tentunya berhubungan dengan karya DKV, yang bisa diterima baik oleh perima pesan.

Nah itu yang kita bahas tadi adalah sebuah pengenalan apa itu DKV, selanjutnya saya akan membahas pas masa kuliah, pasti member-member disini ada yang penasaran, apa aja sih yang akan dipelajari semasa kuliah?


Ini dari pengalaman saya, walaupun saya masih mahasiswa semester 5, lumayan cukup buat saya untuk berbagi informasi ke kalian yang ingin mengetahui jurusan ini.


Semester awal 1-2

Kita mempelajari dasar dkv secara manual di media kertas, nah disini kemarin juga banyak banget yang nanyain, kak gimana ya kalo aku gak bisa ngegambar? Tenang, itu semua di ajarin sampe bisa oleh Dosen, itu juga menurut saya waktu yang cukup lama, 2 semester kita di ajarin dasar-dasar DKV.


Semester 3-8

Tahap kita sudah memasuki ke digital, dan di semester ini kita membutuhkan Laptop atau PC spesifikasi nya rata-rata kelas menengah ke atas, yang difungsikan laptop tersebut kuat dalam melakukan Editing berat seperti Adobe After effect, Premier atau Software 3D.

Ada juga yang nanyain, kak budget saya kurang buat beli perlengkapan itu, nah disini biasaya pihak kampus udah memfasilitasi seperti yang ada di Foto ini, itu adalah real fasilitas buat DKV untuk kampus saya.

Kak DKV harus punya laptop gak? Kalau untuk harus punya Laptop menurut saya wajib ya buat mahasiswa seluruh jurusan, karena dibutuhkan buat laporan di Word dan Presentasi Power Point.

Tapi Kalau Laptop/Pc untuk standar DKV disini, minimal bisa menggunakan software Photoshop dan Illustrator 


Lalu apa aja sih yang diajarkan semester ini?

Dari mulai Fotografi, Animasi, DKV, Digital Desain, Multimedia, dan masih banyak lagi yang lainnya, yang saya sebutin tadi itu adalah kuliah Praktek nya untuk kuliah Teori mungkin kalian bisa searching google atau youtube yang informasinya lebih lengkap.

Oiyaa, Nahh untuk semester 7 kita magang, tenang biasanya pihak kampus sudah menyediakan tempat magang bagi mahasiswa, jadi kita ga kebingugan lagi nyari tempat magang, biasanya juga tempat magang nya perusahaan besar.

Mungkin bahasnya cukup gitu aja, saya rangkum penjelasannya agar mudah dipahami pembaca.

Posting Komentar

0 Komentar