Mengetahui Penyebab Penyakit Diabetes, Cara Mencegah Serta Mengatasinya


Saya mau sharing mengenai penyakit diabetes, penyebab dan juga cara mengatasinya. Yang mana penyakit ini merupakan jenis penyakit kronis yang mematikan. Meskipun begitu perkembangan penyakit ini biasanya berlangsung jangka panjang dan awalnya seseorang yang mengalami kurang menyadari bahwa Dia terkena diabetes. Penyakit ini datandai dengan meningkatnya kadar gula dalam tubuh seseorang hingga melebihi kadar batas normal.

Penyakit diabetes sendiri dibagi menjadi 2 tipe, yakni tipe 1 dan tipe 2. Tipe satu adalah penyakit diabetes yang biasanya disebabkan karena riwayat anggota keluarga ada yang mengidap penyakit ini lalu menular melalui keturunan atau gen. Kemudian untuk diabetes tipe 2 adalah jenis penyakit yang disebabkan karena kebiasaan atau pola hidup yang kurang sehat. Pengetahuan itu saya dapatkan dari situs halodoc.

Faktor Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Diabetes

Ada beberapa penyebab seseorang terkena penyakit yang satu ini, salah satunya adalah yang sudah saya singgung diatas yakni berdasarkan keturunan. Misalkan saja orang tua atau keluarga yang lebih tua mempunyai riwayat ada kemungkinan menurun ke anak dan cucu. 

Kemudian faktor lain adalah dari polah hidup kurang sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Selain itu penumpukan lemak yang tinggi dalam perut juga bisa memicu penyakit 1 ini. Selain itu tentu saja karena kurang aktifitas olahraga. Sehingga kadar-kadar zat yang kurang baik yang ada dalam tubuh seseorang tidak di tangkal secara maksimal.

Selain itu faktor dari usia juga bisa, biasanya banyak terjadi diatas umur 45 tahun, meskipun ada juga umur dibawah itu yang terkena gara-gara pola hidup atau faktor keturunan seperti saya sebutkan diatas tadi.

Gejala Seseorang Terkena Diabetes

Ada beberapa tanda yang bisa diketahui ketika seseorang mulai terkena penyakit yang satu ini. Bisa dilihat dari sering merasa haus dan tidak kunjung hilang. Kemudian sering melakukan buang air kecil di malam hari. Sering merasa lapar dan tidak mudah kenyang. Terjadi perubahan berat badan yang lumayan drastis diawali dengan peningkatan berat yang tinggi kemudian penurunan berat yang cukup cepat. Tanda yang lainnya juga bisa dilihat dari mudah merasa capek dan lemas, kemudian juga bisa dilihat dari luka lama yang tidak kungjung sembuh.

Untuk memastikannya tentu saja bisa melakukan diagnosa atau memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik, cek gula darah dan juga urin.

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Diabetes

Bicara masalah mencegah penyakit sebenarnya hampir semua penyakit sama yakni menerapkan pola hidup sehat dengan makanan yang sehat, aktifitas sehat dan tidak melupakan olahraga. Dengan begitu kandungan zat dalam tubuh kita akan stabil, kemudian juga kita memiliki kekebalan tubuh yang cukup baik.

Kemudian khusus untuk mencegah penyakit diabetes ini, adalah dengan mengurangi makanan-makanan yang mengandung gula dan juga menjaga berat badan tetap seimbang alias jangan sampai mengalami obesitas. Dengan begitu akan mencegah kemungkinan kita mengalami kadar gula berlebihan dalam tubuh.

Kalau sudah terlanjur terkena diabetes ya mau gak mau harus mengobatinya. Mulai dari merubah kebiasaan kita sehari-hari menjadi pola hidup yang lebih sehat, kemudian membiasakan diri olahraga dan juga menerapkan pola hidup yang bersih.

Memeriksakan mata dan juga kaki secara rutin juga penting untuk menghindari terjadinya komplikasi akibat diabetes. Kemudian hindari tubuh atau kulit kita terluka atau tergores agar tidak memicu sulit penyembuhan luka dan memancing infeksi yang lainnya.

Tentu saja jika sudah dipastikan terkena diabetes harus rutin periksa dan juga mengontrolkan diri ke dokter karena perlu dipantai kadar gula dan perkembangan yang lainnya.

Apapun penyakitnya tidak akan ada yang enak. Makanya bisa dibilang sehat itu mahal harganya. Maka dari itu jangan melupakan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga bisa bermanfaat dan sehat selalu untuk Anda.

Posting Komentar

0 Komentar