Sejarah Kelam Peristiwa The Smalls Lighthouse


Berdiri di atas pulau kecil bebatuan basal dan dolerit yang dikelilingi oleh hempasan gelombang lautan atau juga dikenal sebagai "The Smalls" ini berjarak sekitar 20 mil (32 km) barat Semenanjung Marloes di Pembrokeshire, Wales, dan 8 mil (13 km) barat dari Grassholm.
Konon mercusuar ini didirikan pada tahun 1861 oleh insinyur James Douglass untuk menggantikan mercusuar yang sebelumnya yang telah didirikan pada tahun 1776, di atas batu yang sama. 
Mercusuar ini merupakan mercusuar paling terpencil yang dioperasikan oleh Manajemen Proyek Trinity House

Mercusuar tua ini telah membawa perubahan kebijakan setelah prosedur operasional kerja sejak terjadinya peristiwa pekerja mercusuar yang naas pada tahun 1801 setelah terjadinya insiden mengerikan itu, yang dikenal disebut sebagai Tragedi Smalls Lighthouse yang menimpa seorang dua karyawan bernama Thomas Howell dan Thomas Griffith.
Dua orang yang mengelola mercusuar itu, diketahui publik sering bertengkar. Ketika Griffith meninggal dalam kecelakaan yang mengerikan, Howell takut jika dia membuang mayatnya ke laut, pihak berwenang akan menuduhnya melakukan pembunuhan.

Saat tubuh Griffith mulai membusuk, Howell membuat peti mati darurat untuk mayat itu dan mengikatnya ke rak luar. Angin kencang meniup kotak itu hingga terpisah, dan lengan tubuh itu terlihat dari jendela pondok. Saat angin bertiup, embusan angin tersebut akan menyapu lengan nya dan turut menggerakkannya sedemikian rupa sehingga embel-embel pada jenazahnya itu tampak memberikan sebuah isyarat.



Terlepas dari mayat mantan rekannya yang membusuk dan akhirnya dia bekerja sendirian di mercusuar, Howell mampu menjaga lampu rumah mercusuar nya tetap menyala, saat ia terdampar berminggu hingga berbulan bulan tragisnya howell menjadi menggila karena efek halusinasi, dehidrasi yang seakan kecemasan ketakutan menghantui dirinya berhari hari selama ia bertahan hidup sendirian di mercusuar tersebut dengan bekal persediaan yang sudah habis dan nyaris frustasi ikut mengakhiri hidupnya, yang untung nya akhirnya ia dapat diselamatkan dengan kondisi sekarat.

Ketika Howell akhirnya dibebaskan dari tugasnya, dampak dari situasinya sangat melelahkan secara emosional sehingga teman-temannya tidak lagi ingin mengenalinya. Akibatnya, badan pengatur koordinasi pengelola mengubah kebijakan mercusuar untuk membuat daftar nama tim mercusuar menjadi beranggotakan tiga orang, yang berlanjut hingga mercusuar dengan sistem otomatis Inggris pada 1980-an hingga sekarang.

Peristiwa lain dari insiden Mercusuar 1831
Pada tahun 1831, menara itu dihamtam oleh gelombang besar dengan proporsi sedemikian rupa yang nampak hingga saat ini, (video dokumentasi lokasi terkini dapat dilihat di youtube) sehingga lantai kamar penjaga rusak dan puing puing nya terbanting ke penjuru arah sehingga melukai semua penjaga, satu karyawan yang sangat parah sehingga dia meninggal. Namun kerusakan diperbaiki dan mercusuar tersebut bertahan sampai tiga puluh tahun lagi sebelum diganti. 

Media Informasi :
Pada tahun 2011, Tragedi Smalls Incident menjadi subjek dari dokumentasi B.B.C. sandiwara radio berjudul The Lighthouse, ditulis oleh Alan Harris.
Hingga sebuah rumah produksi yang menggandeng BBC juga membuat Film The Lighthouse tahun 2016, yang disutradarai oleh Chris Crow, yang secara realistis didasarkan pada insiden kisah nyata tersebut. 
Acara Francis Lynch juga sempat mengadakan sandiwara panggung dengan tema SmallsIncident dengan menggubah opera kamar berdasarkan kisah nyata itu dengan judul For They in Peril, yang ditayangkan perdana pada 9 Februari 2018 di Gereja St Matthew di Evanston, Illinois. 
Lalu pada tahun 2019, rumah produksi A24 mereboot ulang film karya BBC dengan judul yang sama "The Lighthouse" yang disutradarai oleh Robert Eggers dengan memgambil sebagian besar cerita nya yang terinspirasi oleh tragedi SmallsIncident.

Posting Komentar

0 Komentar