THE IPHONE MASSACRE Ketika 4CHAN "Menghancurkan" Ratusan Iphone Dengan HOAX


The iPhone Massacre (pembantaian iPhone) adalah insiden dimana para pengguna iPhone mengalami kerusakan akibat info hoax yang dibuat oleh para user 4chan.
Pengguna website 4chan memang sudah terkenal atas "trolling" atau kenakalan mereka di internet. Tak jarang mereka menyabotase acara, merusak website, memanipulasi polling, dan lain-lain hanya untuk kesenangan mereka. Nah salah satu "troll" 4chan yang paling terkenal ialah The iPhone Massacre.
Alasan mengapa 4chan memutuskan untuk men"troll" para pengguna iPhone ialah karena mereka menganggap bahwa kebanyakan pengguna iPhone "bodoh" dan "mudah dikelabuhi".
Lalu apa saja aksi troll yang dilakukan oleh 4chan kepada para pengguna iPhone?

The "Waterproof"

Pada 18 September 2013, Apple merilis seri iOS yang terbaru yaitu iOS 7. Dan para pengguna iPhone sangat antusias dengan update iOS terbaru ini. Terbukti dalam waktu 5 hari, 200 juta pengguna iPhone sudah mengupgrade OS mereka ke iOS 7.
Momentum ini tentunya dimanfaatkan oleh para pengguna 4chan untuk bersenang-senang. Salah satu pengguna 4chan (yang disebut anon) menyarankan untuk membuat iklan palsu yang berisi tentang fitur waterproof di iOS 7.
Di dalam iklan palsu tersebut, Apple mengklaim bahwa di iOS 7 mereka menambahkan fitur sensor dimana ketika air menyentuh bagian sirkuit iPhone, secara otomatis sistem akan mendeteksi air tersebut dan memutus sambungan baterai iPhone.
Setelah iklan tersebut dibuat, 4chan langsung menyebarkan iklan palsu ke segala penjuru internet. Mulai dari media sosial, Youtube, forum, dan lain-lain.
Ratusan pengguna iPhone termakan hoax mencoba fitur tersebut. Bahkan berita di berbagai stasiun televisi di Amerika Serikat turut mencoba "fitur" waterproof ini.
Tentu saja hasilnya, ratusan pengguna iPhone mengalami kerusakan akibat konsleting. Kemudian para pengguna tersebut pergi ke outlet iPhone untuk mendapatkan garansi. Namun garansi tidak bisa di klaim apabila iPhone mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh air.

The "Apple Wave"

Satu tahun kemudian, Apple merilis OS terbaru mereka yaitu iOS 8. Seperti kejadian tahun lalu, 4chan juga mempersiapkan troll mereka untuk iOS 8. Dan kali ini, seorang anon memberikan saran yaitu "microwave charging".
Di "iklan" terbaru ini, "Apple" menjelaskan bahwa pengguna iPhone dapat mengisi daya baterai dengan cara memasukkan ponsel ke dalam Microwave selama 2 menit. "Apple" mengklaim bahwa RF Transmitter yang terdapat dalam iPhone untuk menangkap sinyal radio, juga dapat menangkap gelombang microwave yang dapat digunakan untuk mengisi baterai.
Dan seperti tahun lalu, banyak pengguna iPhone yang terjebak oleh berita hoax ini dan mereka memasukkan ponsel mereka ke dalam microwave. Tentu saja bukannya mengisi daya, namun ponsel mereka malah meledak di dalam microwave. Ratusan keluhan dilayangkan kepada Apple lewat forum resmi mereka atas kerusakan ini.
Troll kedua, Sukses.

The "Hidden 3.5mm Jack"

Kali ini, troll datang bukan dari 4chan, melainkan seorang Youtuber yang bernama TechRax.
Pada 16 September 2016, iPhone merilis produk mereka yaitu iPhone 7. Produk ini menerima banyak kritikan dari para pengguna setia iPhone atas hilangnya 3.5mm headphone jack.
Nah, TechRax membuat sebuah video yang mengklaim bahwa fitur headphone jack tersembunyi di dalam iPhone 7. Untuk mengakses fitur ini, hal yang perlu dilakukan ialah melubangi bagian bawah kiri ponsel dengan bor.
Troll buatan TechRax ini cukup sukses. Banyak artikel di situs berita online yang memuat tentang video ini, dan beberapa orang juga mencoba mempraktekkan.

The "Retro"

Mungkin kalian masih ingat atas bug 1-1-1970 yang ada di iPhone 7. Bug ini membuat sistem iOS rusak secara permanen apabila pengguna mengatur waktu/tanggal ke 1 Januari 1970.
Tentunya, 4chan kembali beraksi setelah mendengar kabar ini. Mereka kembali membuat iklan palsu yang berisi tentang Easter Egg iPhone dimana pengguna dapat mengaktifkan tema "Retro" dengan cara mengubah tanggal ke 1 Januari 1970.
Berita ini tersebar luas ke seluruh penjuru dunia. Dilaporkan ribuan pengguna iPhone 7 mengalami kerusakan sistem atau hard brick yang diakibatkan bug 1970 ini. Troll 4chan kembali menuai kesuksesan.

Sekian info yang saya berikan tentang The Iphone Massacre. Pesan dari saya, jangan mudah percaya info yang kalian dapatkan dari internet dan gunakan akal sehat kalian ketika menggunakan ponsel pintar.

Posting Komentar

0 Komentar