Cara Mendapatkan Bansos untuk Tahun 2021 senilai 300 Ribu


Di tahun 2021, rencananya pemerintah tetap menyalurkan bantuan sosial lewat Kemensos ke seluruh rakyat Indonesia yang memerlukanya. Anda cukup cek NIK KTP di https://dtks.kemensos.go.id/, apakah terdaftar atau tidak sebagai penerima bantuan. 

Ada beberapa perubahan dalam pendataan penerima bantuan, baik perubahan alokasi perubahan kuota atau sistem penyaluran.

Bansos yang sudah dilakukan penyalurannya adalah Program Sembako, PKH, BST, Bansos Jabodetabek, Bansos beras KPM PKH, Bansos tunai KPM sembako) yang berhasil disalurkan sebesar Rp 112,9 triliun kepada yang membutuhkan.

Bansos ini baru menyerap anggaran 80 persen dari 100 persen anggaran yang disiapkan Pemerintah senilai Rp 127,2 triliun.

Tahun 2021 program bansos reguler ini tetap dilaksanakan seperti sebelumnya, di antaranya program keluarga harapan (PKH) untuk 10 juta KPM dan Program sembako/bantuan pangan non tunai (BPNT) untuk 18,8 juta KPM.

Untuk bantuan sosial non reguler yang akan diberikan adalah Bansos Sosial Tunai (BST) yang jumlahnya ditingkatkan semula 9 juta Kelompok Penerima Manfaat (KPM) pada tahun 2020 menjadi 10 juta KPM di tahun 2021. Anggaran BST ini sebesar 300.000 per KPM per bulan.

Sementara untuk bansos beras bagi 10 juta KPM PKH, akan kembali dipertimbangkan penyalurannya pada tahun 2021, karena menyesuaikan kondisi stok beras pada Bulog, serta pelaksanaannya tetap menunggu arahan presiden.

Berikut cara cek NIK KTP Anda untuk memastikan terdaftar atau tidak sebagai penerima bantuan.

  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/
  2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Untuk mempermudah, pilih ID berupa NIK.
  3. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  4. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
  6. Terakhir, klik kata 'cari'.
  7. Nantinya akan muncul pop up data penerima bantuan sosial dari Kemensos.

Posting Komentar

0 Komentar