Bukti Lebah Pemotong Daun Menggunakan Plastik sebagai Bahan Bersarang



Lebah leaf-cutter atau bisa kita sebut juga lebah pemotong daun. Lebah ini punya cara tersendiri dalam membuat sarangnya yaitu dengan memotong silinder atau setengah lingkaran sebuah daun. Namun ternyata lebah ini ditemukan juga memotong sebuah plastik untuk dijadikan material sarangnya. Seperti yang dipaparkan dalam sebuah studi terbaru dari Utah State University, Ilmuwan Joseph Wilson, melakukan experimen dan juga observasi apakah lebah leaf-cutter akan memotong lembaran plastik untuk dijadikan sarang?


Hasilnya lebah tersebut benar-benar memotong lembaran plastik yang sudah ditaruh dibeberapa lokasi. Hal ini sebetulnya juga menimbulkan kekhawatiran karena berbeda dengan daun yang membantu sirkulasi udara pada sarangnya sedangkan plastik tidak bisa melakukannya. Pernah juga ditemukan pada tahun 1970 para peneliti menemukan lebah ini dengan sarang yang terbuat dari potongan sedotan tewas karena sarangnya ditumbuhi jamur, akibat plastik yang lembab serta tak mampu memberi sirkulasi udara yang baik.

Ternyata polusi plastik memang membahayakan mahluk lain, maka kita perlu bijak dalam menggunakan plastik dan kalau bisa dikurangi pemakaiannya.

Posting Komentar

0 Komentar