Fakta Orang Mendapatkan Ide Kreatif atau Inspirasi di Toilet


Sembari buang air besar ataupun mandi, ide segar kerap muncul begitu saja di kamar mandi atau di toilet.

Sebagaimana beberapa studi psikologis yang mengungkapkan bahwa 72% orang mendapatkan ide kreatif terbaik di kamar mandi atau di toilet. Bahkan kamar mandi sering disebut-sebut sebagai Thinking Room.

"Kami melakukan penelitian multinasional dan menemukan bahwa orang melaporkan lebih banyak inspirasi kreatif di kamar mandi tempat mereka bekerja," ucap Kaufman dikutip dari Thindifference.

Apa yang bisa mengakibatkan hal itu terjadi?


1. Banyak hormon dopamin yang dilepaskan,
Dopamin yaitu salah satu zat kimia di otak berperan mengatur emosi dan sangat penting untuk memunculkan kreativitas. Dopamin dilepaskan ketika Anda sedang merasa rileks seperti mendengarkan musik, berolahraga, dan mandi.

Jika Anda merasa rileks ketika mandi, maka sering kali ide-ide besar muncul.

2. Bersantai
Ketika Anda bersantai, otak tidak diisi oleh hal-hal yang serius atau kritis. Oleh karena itu, mampu membuat pikiran menjadi tenang.

3. Distraksi.
Distraksi memberikan otak kita kesempatan untuk berhenti sejenak dari rutinitas, sehingga bawah sadar dapat memecahkan masalah dengan lebih kreatif. Yang penting, jangan sampai distraksi ini mengganggu terlalu sering.

Lingkungan kamar mandi yang santai, soliter, dan tidak menghakimi memungkinkan kamu berpikir kreatif. Dengan itu, kamu bisa berpikir lebih liar dan bebas. Ini menyebabkan seseorang jadi lebih terbuka pada alam bawah sadar sekaligus imajinasi atau lamunan mereka, hal ini memicu mendapatkan ide baru.

Posting Komentar

0 Komentar