Kerangka T-Rex Lengkap Pertama di Dunia Akhirnya Diungkap Kepada Publik 67 Juta Tahun Setelah Dikuburkan


Tyrannosaurus rex, yang ditemukan terkubur dalam sedimen di sebelah Triceratops, diperkirakan berkelahi dengan dinosaurus pada saat kematiannya.

T. rex 100% lengkap pertama yang pernah ditemukan, akan segera dipamerkan di sebuah museum di North Carolina.

Dijuluki 'Dinosaurus Duel', pasangan itu diawetkan bersama dalam apa yang diyakini sebagai pertemuan predator-mangsa 67 juta tahun lalu.

Para ahli mengatakan garis besar tubuh dinosaurus, jejak kulit dan bahkan luka, seperti gigi T-Rex yang tersangkut di tubuh Triceratops masih terlihat.

Sisa-sisa ditemukan pertama kali pada tahun 2006, di Montana AS oleh pemburu fosil. Sejauh ini, mereka hanya dilihat oleh beberapa lusin orang.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengekstrak kerangka seberat 14 ton dan mengatur pembelian mereka oleh Friends of the North Carolina Museum of Natural Sciences dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Kebanyakan kerangka T. rex dipegang oleh museum dan institusi swasta.

Organisasi nirlaba tersebut telah menyumbangkan fosil tersebut ke Museum Ilmu Pengetahuan Alam Carolina Utara yang akan mulai membangun pameran khusus tahun depan.

Dinosaurus Duel, yang belum dipelajari, telah digambarkan sebagai 'salah satu penemuan paleontologis terpenting di zaman kita'.


Dr Lindsay Zanno, kepala paleontologi di museum, mengatakan:

Fosil ini akan selamanya mengubah pandangan kita tentang dua dinosaurus favorit dunia. Pelestariannya fenomenal, dan kami berencana menggunakan setiap inovasi teknologi yang tersedia untuk mengungkap informasi baru tentang biologi T. rex dan Triceratops.

T. rex juga memiliki jejak kulit - sisa-sisa fosil permukaan kulit - yang sangat langka.

Penjelasan di balik bagaimana dinosaurus itu terawetkan dengan baik bisa jadi karena ia ditemukan terkubur dalam sedimen dari lereng bukit Montana.

Setiap tulang masih dalam posisi aslinya, yang berarti para ilmuwan akan memiliki akses ke data biologis yang biasanya hilang dalam proses penggalian dan persiapan.

Para pemburu fosil yang awalnya menemukan dinosaurus dilaporkan mencapai kesepakatan dengan pemilik tanah.

Tapi, perselisihan pengadilan atas kepemilikan kerangka, yang bernilai jutaan dolar, segera terjadi.

Sekitar 14 tahun kemudian, pada bulan Juni tahun ini, pengadilan banding AS memutuskan bahwa fosil tersebut adalah milik pemilik hak permukaan tanah.

'Dinosaurus Duel' pertama kali dilelang pada 2013 di Bonhams di New York, tetapi tidak ada tawaran yang memenuhi harga cadangan $ 6 juta (£ 4,5 juta).

Selama bertahun-tahun negosiasi, fosil tersebut dilaporkan dikunci di laboratorium atau gudang - sampai sekarang.

Posting Komentar

0 Komentar